Minggu, 12 Juli 2009

Kejamnya Ibu Kota

Itulah yang sering kita dengar, bahkan gua baru merasakannya setelah dengan gantengnya mempercayai firasat, feeling, dan perkiraan tanpa dasar yang benar-benar ngawur secara uruh. Ibu kota emang gak sama kayak desa. Surabaya beda jauh dengan Samarinda ato Tenggarong. Gak sama kayak Tenggarong yang kecil tapi indah. Surabaya besar keren tapi KEJAAAAM!!!

Waktu gua minta koleksi lagu yang gila keren abis punya Mas Yose dari Riau yang gak pulang pas liburan semesteran. Beberapa obrolan keluar. Salah satunya,
Gua : “Mas Yose liburan gini gak pulang?”
Mas Yose : “Biasanya sih pulang cepet. Tapi Ku pulangnya nanti aja. Mau datengin teman yang gak pulang juga sekalian.”
Gua : “Mmmm…..”
Mas Yose : “Nanti kalo aku pergi kamu boleh pake motor ku kalo mau.”
Gua : Gua kaget karena senang “Beneran?”
Mas Yose : “Ya tapi jangan dijatohin!”
Gua : “Gak.. Tenang aja. Motornya kayaknya enak ko’. Malah pingin banget sama motor kayak gitu.”

Motor Mas Yose yang keren itu Bajaj XCD DTS-SI biru yang gila keren abis! Bodi kekar dengan harga yang katanya Cuma 13 juta dan bensin hemat bikin gua pingin banget jual Jupiter MX abu-abu gua dang anti dengan motor ini. Gua pertama kali liat udah gila terpana kayak liat cewek cantik yang yahui seksi banget. Dan motor ini benar-benar GILA SEKSI BANGET BOO!! Dan gua bisa make ni motor nanti! Gua bener-bener mimpi! Rasanya gua pingin terjun bebas dari pesawat.
Penerjun pro : “Where’s your shoe!”
Penerjun gila : “I don’t need one! I have to be dreaming!!
Penerjun pro : “It is no dream! That’s real ground!”
Penerjun gila : “Are you silly? I’m flying now!”
Penerjun pro : “What a sick fu**kin’ person. You will fly to the hell!”
Karena scenario gila itu melintas di kepala gua, gua urungkan niat gua.

Hari minggu, diajak ma Iing ke tempat Gri yang katanya besoknya mau kembali ke Tenggarong. Dia minta siang ke sana. Tapi tiba-tiba Mas Yose minta diantarkan ke Stasiun Gubeng. Jadi gua minta tunda ke tempat Gri sehabis gua nganterin Mas Yose dan janji bakal ke sana segera begitu selesai. Sebelum berangkat dia ngasih gua petunjuk jalan yang harus gua lewatin biar gua gak kesesat. Lalu kami berangkat ke Stasiun Gubeng.

Gua ingat baek-baek yang dijelasin ama Mas Yose. GUa simpan informasi itu di kepala gua baek-baek. Arah jalan, belokan, tanda di pinggiran, cewek seksi yang lewat, sayang yang terakhir gak ada. Setelah sampai di Gubeng, Mas Yose nitipin motornya ke gua. Dengan senang hati, bangga dan ganteng gua terima. Gua naek motor yang gila seksi ini!! Mantap broo!! Rasanya yahud!! Lalu kami berpisah, gua keluar Stasiun Gubeng.

Setelah keluar Gubeng, gua buka kembali memori gua. Sehabis ini belok kiri, lewati bawah jembatan baru belok. Setelah ada percabangan gua ambil salah jalan. Gua langsung berpikir, “Bukan lewat situ ya?” Tapi pikiran lain keluar, “Coba lewat situ aja. Sekalian jalan-jalan.” Tapi setelah beberapa belokan, beberapa traffic light, gua langsung sadar, “Gua kemana neh?” setelah beberapa jauh dan keliatannya jalannya makin gua gak kenal langsung gua berpikir, “AAAAHHKK!!! GUA KESESAT!! TIDAAAK!!” belokan demi belokan gua lewatin dengan mengandalkan naluri gua dan makin kesesat. Gua malah ke daerah pelabuhan. “Ko’ gua kesini?” Kemudian si Iing SMS, sambil balas SMS gua terus jalan ngikutin naluri.
Iing : “Ko’ lama? Kamu dimana?”
Gua : “Mmmm…. Ane tersesat Iiiing……”
Iing : “Sesuai dugaan, kamu udah dimana?”
Gua : gua liat ada plang dipinggiran jalan, “Di [maaf, gua lupa nama jalannya karena ingatan gua jelek kalo abis stress:p]”
Iing : “Mbak disini gak tau itu dimana. Kamu tanyain aja orang disana, kemana jalannya ke Keputih itu.”
Gua : “Maaf ya karena telat.”
Iing : “Gak papa, mungkin gak usah aja gak papa.”
Gua : “Nanti malam aja habis gua balik ya.”
Gua terus ngikutin naluri gua karena merasa sedikit familiar ma jalan yang gua tau, ttapi ternyata masih kesasar. Gua malah ditengah kota! Gila ni kota keren abis!! Tapi GILA GUA KESASAR DI MANA!! IBU KOTA EMANG KEJAAAMM!!!

Hari udah mulai mau gelap, akhirnya gua pake senjata terkhir gua BERTANYA. Di perempatan waktu nungguin traffic light, gua tanyain orang sebelah gua,
Gua : “Mas, mau nanya, ITS dimana ya?”
Mas sebelah gua : “Oh,jauh, Mas. Kesana.” Sambil nunjuk kea rah jam 2.
Gua : “Oh, makasih ya, Mas.”

Gua terus tanya, tapi malam terasa cepat banget. Akhirnya gua gak bisa menuhin janji gua ke Iing. Gua merasa bersalah karena dengan gobloknya gua bisa kesasar. Gua terus nanya dan akhirnya gua sampai di pertigaan menuju Keputih. Ini! Udah dekat!! AKU KEMBALI!! HUUAAAAA!! Sampai di kos gua yang indah dan keren padahal beberapa temen gua bilang tempatnya terpencil dan gak enak. Tapi gua bilang keren. Dan setelah kembali dari kesesatan gua benar-benar merasa kos gua bener-bener yang terkeren dari yang terkeren! Seharusnya SBY coba tinggal di kos gua! Seharusnya Obama pindah rumah di kos gua! Gak ada yang lebih keren dari kos gua!!

Setelah gua naroh motor Bajaj DTS-SI di tempatnya, Mas Sandy nanya ke gua,
Mas Sandy : “Dari mana kamu, Dim?”
Gua : Ngeringis dikit nunjukin gigi gua yang kuning karena gua belum mandi. “Nyasar, Mas.”
Mas Sandy : “Pantesan ko’ lama banget. Nyasar sampe mana kamu?”
Gua : “Gak tau, Mas. Namanya nyasar ya bener-bener gak tau apa-apa.”
Setelah menjawab pertanyaan Mas Sandy, gua masuk kamar dan girang menjadi orang gila. GUA KEMBALI!!! DENGAN KEADAAN MASIH GANTENG!! HUUUAAAAA!!! Gua lalu keluar tuk mandi. Gua liat Mas Sandy senyum-senyum karena liat orang gila yang ada di kosnya seneng setelah kembali dari kejamnya Surabaya.

Pepatah Malu bertanya sesat dijalan benar-benar terbukti dan telah teruji secara klinis.

Sedikit cerita tambahan.
Setelah gua tersesat, gua ke Warnet langganan gua yang cukup dekat sampe pagi. Bukannya istirahat karena kesasar, gua malah menggila di warnet. Gua lanjutin kerjaan gua dengan site Tenggarong Blogger Community. Gua mau begadang sampe pagi karena besoknya libur karena pemilu. Tapi sekitar jam 3 pagi gua ditelpon ma nyokap gua.
Nyokap : “Kamu di mana, Dim?”
Gua : “Di warnet bu.”
Nyokap : “Ngapain kamu di warnet malam gini?”
Gua : “Nyelesaikan kerjaannya Dimas. Ko’ aneh jam segini nelpon?”
Nyokap : “Kamu besok gak ada kegiatan kan?”
Gua : “Besok libur karena ada pemilu.”
Nyokap : “Kalo gitu kamu ke Kediri ma Mas Bayu hari ini. Segera.”
Gua : “Hm?” Jawab gua heran.
Nyokap : “Yangti (Eyang Putri) yang di Kediri meninggal.”
Gua : Cuma diam seribu bahasa gak bisa bilang apa-apa.
Nyokap : “Kamu kerumah Mas Bayu sekarang, cari taksi ato kendaraan lainnya.”
Gua : “Ho oh…” Cuma itu yang bisa keluar dari mulut gua.

Gua lalu kembali ke kos dan nenagin diri sebentar. Gak lama Mama Ninik nelpon dan ngasih kabar yang sama. Gua kembali nenangkan diri di kasur. Nyokap gua nelpon lagi.
Nyokap : “Dim,kamu ke tempatnya Mas Bayu sekarang.”
Gua : “Sekarang?” Jam masih nunjukin jam 4 pagi.
Nyokap : “Iya sekarang, hari ini udah bangun semua jam segini.”
Gua lalu ke kamar mandi dan segera ke rumah sepupu gua. Ternyata gerbang di komplek perumahan sepupu gua masih ketutup, gua berputar cari jalan lain. Setelah sampai di depan rumahnya gua pencet bel rumahnya berkali-kali tapi gak ada respon. Gua tungguin dan gua manfaatin untuk istirahat karena gua belum tidur sama sekali hari itu.

Setelah jam nunjukin jam 5, gua coba pencet bel rumahnya dan akhirnya ada respon. Jam 7 kami berangkat ke Kediri. 2 jam perjalanan ke Kediri gua manfaatkan untuk istirahat.

Untuk Yangti yang tercinta, Moga segala dosa diampuni oleh Allah dan diterima di sisi-Nya. Maafkan aku jika cucumu ini pernah berbuat salah dan durhaka padamu.

3 komentar:

  1. Hakakaka :D dasarrrrr dadar gulung! :P btw kalo malu bertanya sesat di jalan, jangan lupa -> malu menjawab sesatkan orang laen :D

    BalasHapus
  2. hahaha.....
    mantab kali
    di sby kalau ga nanya isa berabe
    lewat jalan dikit aja bisa nyasarnya jauh di
    bisa" nyampe perak

    BalasHapus
  3. gw sebenarnya mau ngakak.. eh tapi ada duka di akhir2nya.. gw turut berbela sungkawa

    BalasHapus

Silahkan komen apa aja, seperti apa aja. Tentu orang baik suka berkomentar ^.^ Kalo saya gak berkenan maaf kalo saya hapus :)