Kamis, 21 April 2011

Akhirnya Harus Pergi


Akhirnya gua bias posting lagi kali ini. Apa gua lagi libur? Ato lagi emang kosong? Jawaban yang bener itu gua lagi cuti kuliah.Akhirnya gua apes terpaksa mesti cuti gak kuliah ato mesti berenti 1 semester. Tentu saja waktu gua tuk lulus, kerja, dan menikah tertunda dong.

Kenapa gua cuti?? Gua akhirnya udah gak kuat tuk kuliah karena penyakit aneh yang gua derita ini. Entah seperti apa, gua terlalu sering pusing sampe kehilangan keseimbangan dan rasanya mau jatuh terus. Bukan Cuma itu. Kalo gua udah tidur mengalah pada keinginan tubuh yang gak mampu berdiri bahkan duduk, gua malah masih diombang-ambing oleh penyakit ini.

Sebenarnya udah sejak lama sekali sejak gua SMA kayak gini. Tapi akhir-akhir ini mulai bertambah parah dan bikin gua kesulitan.
Waktu SMA gua memang pernah turun tekanan darah gua sampe gua gak bias ngapa-ngapain selama sekitar 3 hari. Itu gak langsung sembuh. Kalo gua capek gua bakal pusing. Dan anggapan gua kalo uddah kayak gini berarti gua lagi turun lagi tekanan darah gua.
Sudah masuk masa dimana gua kuliah hal ini makin berat. Sampe 2-3 hari gua bisa pusing berat sampe gua gak mampu apa-apa. Pas gua periksa ke dokter, dugaan gua kalo tekanan darah gua turun lagi terbantahkan dengan pemeriksaan tensi darah yang normal.

Dokter : “Cuma pusing biasa aja. Saya kasih obat penghilang rasa sakit sama vitamin aja ya.”
Hal ini terus berulang setiap gua down. Gila! Pusing hebat kayak gini dibilang pusing biasa?? Gak salah?!
Gua memang biasanya menganggap enteng penyakit gua.
Ing : “Mas coba periksa aja gih kepalanya mas tu kenapa. Masa’ pusing ko’ sering banget. Setiap ketemu pasti ngeluh pusing terus.”
Gua : “kan udah sering tu dokternya bilang kalo ini Cuma pusing biasa. Istirahat aja juga cukup ko’.”
Ing : “Istirahat aja tapi malah gak sembuh-sembuh. Malah kayaknya tambah parah. Bilang ma Ibu gih biar ditindak lanjutin. Ato Ing aja nih yang bilang ma Ibu?”
Gua : “Jangan sayaaaaang… Iya deh, nanti mas bilang ma Ibu.”
Ing : “Langsung bilang lho ya. Jangan ditunda-tunda lagi. Pokoknya harus langsung bilang.”

Gua memang paling gak enak kalo mesti bilang ada kabar buruk ke bokap-nyokap gua. Yang sering gua abarin emang kalo gua baek-baek aja dan gak pernah ada masalah. Jelas kalo kayak gini bakal gawat.
Setelah terkena serangan lagi gua ke dokter di Medical Center ITS dan kembali mendapat diagnosis yang biasa gua dapat.

Dokter : “Kalo sering gini, coba aja periksa ke spesialis terus di Scan.”

Gua sebenernya mau nanya “Scan yang biasanya di warnet itu ya dok? Bisa ya scan kepala juga?” tapi udah keduluan ma Ing.

Ing : “Biasanya berapa biaya scannya dok?”
Dokter : “Ya mungkin 1 juta lah.”

Setelah itu kami pergi. Di Jalan seperti biasa Ing kembali mengancam gua tuk bilang ke Nyokap. Kalo gua gak bilang bakal dia yang bilang ke nyokap. Tentu gua terpaksa ngalah dan gua bilang ke nyokap. Karena gua takut bakal heboh kalo malah Ing yang bilang ini ke Nyokap.
Hari Sabtu gua ke RS Dr. Soetomo tuk periksa di Poli Umum. Dari diagnosis di situ gua dibilang kena Tension Headache (Apa lah itu gua sendiri gak ngerti) dan diberi rujukan ke Spesialis Syaraf.

Gua : “Poli syaraf itu dimana dok? Saya gak pernah ke sini masalahnya.”

Dokternya ngasih tau dengan menunjukkan peta yang ada di meja dibalik kaca pelapis tuk nunjukkan gedung dimana Poli syaraf dan bilang kalo bukanya hari Kerja. Tentu besoknya yang berarti hari minggu tidak buka.
Sekitar Selasa pagi gua lagi-lagi kena serangan dan hari ini gua baru bias ke Poli syaraf di RS Dr. Soetomo. Nyokap pagi itu malah nelpon gua yang dalam keadaan sekarat.

Nyokap : “Kamu gak papa kan dim?”
Gua : “Gak papa ko’ nyaak… biasanya juga gini.”

Agak siang gua berangkat ke rumah sakit diantar dan ditemanin ma pacar gua yang cantik dan paling perhatian.  Rupanya yang namanya rumah sakit yang dikelola pemerintah di dalamnya sama saja biarpun lebih besar dan lebih lengkap dari pada RS Parikesit di Tenggarong. Dan bedanya lagi, di Dr. Soetomo ada liftnya gak kayak di Tenggarong!! (Yaiya lah! Di Tenggarong kan cuma 1 lantai.)
Saat konsultasi yang paling banyak jawab pertanyaan dokter bukan gua. Yang jawab justru kebanyakan Ing.

Dokter : “Ko’ kamu malah lebih tau?”
Ing : “Soalnya saya yang biasanya jagain dia dok.”

Yeah!! Terjadi kebalikan!! Bukannya gua yang jagain dia malah dia yang jagain gua!! Tapi emang gitu sih, Ing memang lebih tau gua kenapa dari pada gua sendiri. Si Calon dokter hewan ini kayaknya lebih mengerti hewan peliharaannya yang sakit ini. Gua memang sering bilang kalo sakit anggap aja gua ini anjing penjaganya yang sakit.

Gua : “Kalo mas sakit ing obatin aja mas kayak nyet-nyet. Kan gak jauh beda ma nyet-nyet.”
Ing : “Ya beda lah nyet-nyet ma manusia.”
Gua : “Kan primate juga. Secara structural aja hamper sama. Beda dikit aja.”

Di jalan pulang setelah selesai gua periksa penyakit gua, di atas motor terjadi tragedy yang sangat heboh.
Ing : “Mas, Ibu katanya udah mau jalan ke bandara ke sini.”
Gua : “HA!! Yang bener?!” Gua kaget bukan maen nyokap sampe heboh gitu.
 Gua langsung berhenti di pinggir jalan dan nelpon nyokap gua. Yang ngangkat telpon Bokap gua.
Gua : “Dimas gak papa ko’ Pak. Ni udah dari dokter ko’.”
Bokap : “Yaudah, ini Ibu nangis ini. Kamu jaga kesehatan, jangan lupa makan, yang teratur makannya. Ini tadi masih di Tenggarong kamu bilang gak usah ke sana balik lagi ini. Ibu sampe sekarang masih nangis ini.”
Gua : “Iya pak. Ini tadi udah ke dokter ko’.”
Gua jelas gak enak Ibu sampe kayak gitu.
Gua : “Makanya mas gak mau bilang ke Ibu.”
Ing : “Ya tapi kalo mas bilang gak papa terus tau-tau mas kenapa-kenapa kan jelas ibu jadinya shock. Ing aja udah takut ko’ tadi pagi nelpon mas. Apa lagi Ibu denger mas kayak gitu. Ing nelpon ma situ karena Ibu bilang ke Ing lho.”
 Sampe di kos nyokap nelpon gua dalam keadaan masih nangis dengar anaknya sakit. Gua denger nyokap sampe gitu jelas gak enak banget.

Seminggu kemudian gua gak ngerasa baikan, gua malah makin gak enak dan makin parah. Banyak urusan yang gua tinggalin karena keadaan gua yang makin parah. Bahkan banyak temen gua yang nyaranin gua tuk cuti. Pacar gua juga nyaranin gua tuk cuti biar gua bisa kuliah dengan tenang dan maksimal dari pada gua sekarang tetep lanjut dan makin parah dan kuliah gua gak beres. Dan ada juga saran tuk cuti yang gak beres dari temen gua Halim via Facebook.

Gua : “Ane rasanya gak enak banget nih lim. Kayaknya mesti cuti kali ya?”
Halim : “Cuti aja udah! Temenin ane cuti sekalian.”
Gua : “Ya ente enak cutinya karena urusan lain yang malah dapet duit. Ane cuti malah buang duit lim.”
Halim : “Gak papa. Yang penting temenin ane aja udah cuti bareng.”
Rasanya pengen banget gua kalo udah sehat pergi ke Samarinda terus ngiket dia kenceng-kenceng lalu nyeburin ni orang ke sungai Mahakam.

Beberapa minggu gua makin ngerasa gak enak, akhirnya gua ambil keputusan berat tuk cuti. Gua harus ninggalin Ing yang paling gua cinta sendirian di Surabaya. Gua juga mesti relain beberapa moment yang gua tunggu gak gua ikutin bareng temen-temen di kampus. Yang harus gua pikirkan saat ini gimana caranya tuk tetap focus dalam penyembuhan gua dan gak bebanin tubuh lagi.

3 komentar:

  1. semangat ya.. dan jangan sembunyi-sembunyiin penyakit dari ortu, gimanapun ortu punya feeling yan glebih baik daripada kita

    trust me, sy pernah mengalamin kejadian yan gkurang lebih sama, waktu itu saya sakit TBC, dan saya sembunyiin dari ortu karena saya jauh dirantau.

    semangat ya, dan semoga lekas sembuh..
    salam kenal,

    BalasHapus
  2. kuliah kan bisa di kejar karena pake sistem SKS.
    wong gak mesti cuti ada kok mahasiswa lama banget kuliahnya.

    Dulu karena sakit, saya juga berhenti sekolah. Gak naik kelas. Balik2 temennya sudah beda.

    Semoga lekas sembuh yaa..
    yang penting memang sehat dulu.

    BalasHapus

Silahkan komen apa aja, seperti apa aja. Tentu orang baik suka berkomentar ^.^ Kalo saya gak berkenan maaf kalo saya hapus :)