Minggu, 12 September 2010

Lebaran di Tenggarong

Selamat lebaran para pembaca yang baik hati, ramah, budiman, pakdiman, tidak sombong, rajin menabung, dan suka buang aer di WC. (Kalo gak di WC ya dimana?)
Gua dan sekeluarga mengucapkan Selamat Hari raya Idul Fitri 1431H, Mohon maaf lahir dan batin. Maafkan segala kesalahan saya baik yang disengaja maupun yang tidak, baik secara lisan maupun tulisan, baik yang ada di dunia maya maupun di dunia nyata. Mohon maaf jika tulisan yang saya tulis sudah menyinggung perasaan anda selama ini. (Padahal baru aja bikin masalah di paling atas. Hehehehe....)

Akhirnya tahun ini gua lebaran di rumah lagi. Tahun lalu, gua lebaran di Banyuwangi karena gua udah pulang diwaktu yang dekat sebelum lebaran. Gua minta ke bokap gua jauh hari sebelum lebaran. Sekitar 1 bulan sebelum lebaran gua minta dan udah ngerencanain untuk pulang. Sebenarnya gua pulang untuk datangi Ing juga. Tapi dia malah balik duluan ke Surabaya karena urusan mendadak diluar rencana. Akhirnya kami lagi-lagi terpisah. Gua yang lebaran di Tenggarong, dia di Magelang. Kebalikan dari tahun lalu, dia di Tenggarong, gua di Banyuwangi.

Biar kami terpisah, tapi tentu saja komunikasi harus tetap berjalan. Tapi kami gak bisa chatting atau nelpon via VoIP lagi karena dia gak bawa laptop dan gak ada koneksi yang bisa ngehubungkan kami. Gua udah minta lagi modem yang gua pinjamkan biar gua bisa blogging di dunia maya di Tenggarong. Biarpun gua gak ngambil modem gua, tetap aja kami gak bisa OL (Online) bareng karena gua justru yang gak ada sambungan ke internet.

Bisa dibilang kami sebenarnya gak bisa dipisahkan. Bukan tidak terpisahkan, setiap kami kepisah jauh pasti bakal ada perkelahian, adu mulut, atau sejenisnya. Sebenarnya biar kami gak kepisah bisa berantem juga karena kami gak bisa ketemu. Yah, inti dari setiap perkelahian kami kebanyakan pasti karena kami gak bisa ketemu.

Beberapa hari yang lalu, gua lagi asik maen ma Dion dan Tito (adik gua).
Tito : "Kalo nyari Unyil (salah satu kucing gua) coba aja panggil-panggil di jendela sana."
Denger gitu gua heran. Gua nyobain aja yang Tito maksud padahal gua gak lagi nyari kucing gua itu. Tapi gak ada ngeongan setelah gua panggil kucing gua itu. Gua heran kenapa Tito bilang gitu tapi gua lupain aja dan kembali SMSan ma Ing. Gak lama Nyokap gua nyuruh gua untuk belanja beli bumbu masak ke pasar. Gua yang kebetulan gak ngapa-ngapain pergi beli pesanan nyokap.

Setelah kembali, gua santai-santai di jendela tapi kali ini gua denger suara kucing ngeong di kolong rumah. Lha? Rumah gua kan bawahnya air. Apa Unyil nyemplung? Gua panggilin terus dan nyari asal suara itu. Gua keliling-keliling dan pergi ke sebelah rumah gua yang jalannya kebetulan lebih rendah dari rumah gua, jadi gua bisa liat kolong rumah gua. Ternyata Unyil duduk dan ngeong-ngeong di kayu pondasi rumah gua! kemungkinan dia kejebak karena kecebur dari jendela kamar gua.
Gua : "Dion ya yang jatuhkan? Kan kamu tuh yang dari tadi maen laptop kakak di kamar."
Dion : "Nggak, dia jatoh sendiri tadi."
Gua : "Ko' gak cepet di ambil?"
Dion : "Gak sempet. Ya, Dion biarin aja."
Gua : mukul jidad gua sendiri. "Kalo gitu kamu yang turun ambil Si Unyil."
Dion udah gua paksain gak mau. Tito juga gak mau turun. Berbagai cara kami coba untuk nyelamatin Si Unyil tanpa harus turun masuk ke dalam lumpur yang ada di bawah rumah gua.

Setelah menyerah dan gak menemukan cara untuk nyelamatin Si Unyil, akhirnya gua mutusin untuk turun ke lumpur. Padahal gua baru aja mandi sebelum beliin nyokap bumbu akhirnya gua nekat turun nyelamatin Si Unyil. Gua turun dengan sepatu boot bokap gua ke lumpur. Yang gua kira tu lumpur bakal dangkal banget, ternyata bisa sampe ngelebihi lutut gua. Ampun dah dalamnya! Gua sulit banget jalan di lumpur itu. Sambil pegangan ma dinding rumah, gua jalan dekatin kucing gua yang terjebak di kolong rumah gua. Gua berapa kali hampir jatoh mandi lumpur di situ. Tapi untungnya tangan gua cekatan nangkep pinggiran dinding biar gua gak mandi lumpur. Setelah berhasil nyelamatkan kucing gua, gua coba untuk naik lagi masuk rumah. Awalnya gua turun dari jendela kamar sebelah kamar gua. Tapi nyokap nyuruh gua masuk dari tempat lain. Akhirnya gua nyoba masuk dari belakang lewatin kolong tempat tandong air. Gua ngerayap di lumpur dengan berat. Setelah sampe tiang-tiang tandong, gua manjat dan ngelewatin tiang yang nopang tandon kayak kukang manjat pohon. Dengan perjuangan berat, akhirnya gua berhasil masuk ke pintu belakang tempat Dion buangin kotoran Ipang (salah satu kucing gua) dari pasir. Tentu aja gua gak nyemplung ke lumpur tempat tai-tai kucing gua. Selama belanja, pencarian dan penyelamatan yang kira-kira bisa sampe 3 jam, kontak gua ma Ing keputus. Dia ngambek.

Besoknya, gua lagi bantuin nyokap gua belanja bahan-bahan untuk lebaran. Entah gua kepasar, cari-cari toko, yang pasti gua sampe keliling kota Tenggarong. Untungnya kota Tenggarong gak sebesar Surabaya. Entah sayur, bumbu, ato daging, gua keliling-keliling entah kemana. Pulangnya gua bantuin nyokap gua bikin ketupat. Liat ketupat yang masih ijo, gua yang mulai gila entah kenapa langsung lari ke kamar untuk ambil kamera andalan gua dan motret tu ketupat secara gak jelas.
Nyokap : "Dim, ngapain kamu moto ketupat?"
Gua : "Gak papa. Iseng aja. Habis ketupatnya ijo sih."
Nyokap : geleng-geleng liat kelakuan anaknya yang udah mulai gila. "Dari pada kamu gak jelas motoin ketupat, mending kamu bantuin ibu aja ngisi ketupat."
Setelah gua dapet gambar yang gua harapkan, gua bantuin ibu untuk ngisi ketupat. Selama di Tenggarong, gua banyak bikin karya fotografi karena merasa bosan, biarpun sering disuruh macem-macem. Ini beberapa karya yang gua buat :
Untuk karya lainnya bisa diliat di sini. Untuk yang gambar terakhir, Ganteng kan modelnya? Hakakakaka....

Selama gua keliling-keliling dan bantuin nyokap, frekuensi SMS kami rendah dan sering keputus bisa selama 2-3 jam. Malamnya dia marah-marah karena itu. Gua jelasin ke Ing, tapi dia masih aja marah-marah gak terima. Akhirnya keadaan agak panas. Keadaan kembali mendingan keesokan harinya tepat saat lebaran tiba. Tapi waktu gua ada telat sedikit dia mulai ngambek lagi. Keadaan baru benar-benar dingin keesokan harinya. Kembali aman, damai, tentram dan sejahtera.

Kami bener-bener gak bisa dipisahkan kalo setiap kali terpisah harus ada kejadian yang gak enak. Biar gitu, gua terus merasa gak enak dan selalu ada yang kurang kalo dia jauh dari gua.

Untuk Ingku yang tercinta : Gua bener-bener kangen dan berbagai kejadian yang gak enak selama ini gak pernah gua inginkan. Tetep ada yang kurang kalo kamu gak ma aku. Ai mis yu somat Iingku sayang.

7 komentar:

  1. ciee ngambeg-ngambegan nih ceritanya.. nggak papa, ntar juga baikan lagi. hehehe..

    foto terakhir tuh lagi nyari ketupat dalam idung? *dilempar sendal*

    BalasHapus
  2. berkunjung sehabis terpencil dari madura yang mati koneksi internet :D

    BalasHapus
  3. @Gapche : Hakakakak... Biasalah anak muda... Kalo udah balik dari mudik jgn lupa oleh2 :p
    @John : Wah, met datang... udah balik duluan neh? oleh2 tuk saya ada kan boz dari madura? :p

    BalasHapus
  4. wkwkkw
    seru2,,
    ampe aku bayangin kamu nyemplung lumpur sekalian spa di sono,,
    ajib kali yee
    yuuhuuu
    tyus gimana tuh nasib kucing mu??
    mati?
    idup?
    setengah mati?
    setengah idup??
    atau,,
    idup mati idup mati??
    mm

    BalasHapus
  5. @john : wes puas boz... ra onok panganan ta?
    @dian : wah, makasih banyak neng... Alhamdulillah masih idup dan langsung kabur gak mau dimandiin...

    BalasHapus
  6. haha ... ga onok
    iki aku kasih kamu award aja ... cekirot gan :D

    BalasHapus

Silahkan komen apa aja, seperti apa aja. Tentu orang baik suka berkomentar ^.^ Kalo saya gak berkenan maaf kalo saya hapus :)