Kamis, 18 Juni 2009

Sahabat Lama yang Menjadi Penerang Hati

Kali ini gua posting cerita ini untuk menjawab pertanyaan dari beberapa pambaca yang penasaran siapa yang gua maksud Ikan itu. Ikan bakal gua pake dalam postingan ini untuk gantikan namanya. Kenapa ko’ Ikan? Gak pake kode lain? Berarti Anda harus baca ini.

Waktu kecil, gua punya teman yang rumahnya gak jauh dari rumah gua. Dia teman SD gua, tapi waktu kelas 2 dia pindah sekolah. Anggap namanya Wahyu. Dulu gua sering main kerumahnya. Dia punya adek perempuan yang sekarang gua kasih kode Ikan. Karena gua sering main dengan kakaknya, secara otomatis gua juga main ma Ikan.

Sejak kelas 6 SD sampai SMA kelas 1 gua jarang liat Ikan. Gua mendam rasa ma seorang cewek hingga kelas 1 SMA sejak kelas 3 SD, tapi waktu gua mau eksekusi di kelas 1 SMA terjadi sesuatu yang menyakitkan hati. (Untuk yang ini mungkin bakal gua ceritain kapan-kapan.) Gua juga jarang main kerumah Wahyu mengingat SMP gua bener-bener cuma mikirin belajar dan SMA gua diasramakan ditengah hutan. Sebenarnya di dalam desa, tapi kebanyakan guru gua bilang tengah hutan karena kami benar-benar terisolasi.

Kelas 2 SMA, Wahyu minta gua datang kerumahnya untuk perbaiki komputernya yang kena virus. Saat itu gua liat si Ikan lagi. Dia muncul entah dari mana masuk ke dalam kamarnya.
Gua : “Itu Ikan ya?”
Wahyu : “Iyah…” lalu kami kembali ke komputer. (Coba yang gua perbaiki laptop, mungkin jadinya gua kayak Tukul :p)
Tentu aja gua gak bilang ikan, tapi bilang namanya. Kalo gua bilang ikan pastilah jawabannya bakal, “Itu adekku, hali!! Nyaman beneh bilang ikan!!” (Itu adekku, goblok!! Enak aja bilang ikan!!)

Sejak saat itu gua mulai bilang “Si Ikan ko’ sekarang lumayan manis ya?? Gak nyangka…” Itu argument biasa dari seorang lelaki ganteng waras yang suka ma makhluk yang biasa orang sebut “wanita” (Tolong jangan protes untuk kata “Ganteng”nya :p). Tapi saat itu gua masih belum ada rasa. Sekedar rasa kagum aja seperti, “Weh, pemandangannya keren!!” ato “Mobilnya keren!! Bisa jalan!!” juga “Ikannya bisa berenang!!” (Perasaan ada pernyataan yang biasa dikatakan ma orang gila deh. :?)

Deket kenaikan kelas 3, gua dapat kabar dari nyokap gua,
Nyokap : “Dim, Si Ikan adeknya Wahyu mau masuk SMA 3 juga lho…”
Gua yang lagi minum tiba-tiba keselek dan batuk-batuk. (Untung pas gua gak acrobat makan beling) 
Gua : “Ikan masuk Smaga!? Astaga…”
Nyokap : “Kenapa?”
Gua : “Gak papa…”
Gua gak tegaan kalo dia masuk neraka yang pernah gua huni, apa lagi semakin lama peraturannya semakin ketat. Gua aja gak betah. Rasanya gua pingin banget manggil Doraemon terus pinjam mesin waktunya untuk ngasih tau dia biar gak masuk SMA 3. Tapi sayangnya terlambat.

Di kelas 3 saat peringatan isra’ mi’raj, murid kelas 1 yang tempatnya terpisahkan oleh sungai didatangkan ke SMA 2 tempat kami. Saat itu gua kembali liat si Ikan kali ini dia pake kerudung. Awalnya gua gak tau itu siapa karena dia pake kerudung. Gua liatin dia, dia senyum. Tentu aja gua senyumin balik. Yo olooh manisnyaaa….. Setelah beberapa menit barulah file yang gua cari di otak gua ditemukan. Maklum, otak gua masih pake Pentium 4. Waktu acara selesai, mereka pulang dan masuk bis. Gua iseng masuk bis ngajakin si Achmad, adek kelas gua.

Gua : “Hei, Ikan.”
Ikan : “Ho? Kak Dimas masih ingat namaku?”
Gua : “Kan dulu waktu kecil sering maen. Masa’ ane lupa. Kamu kenapa ko’ mau masuk sini?”
Ikan : “Aku pingin coba mandiri makanya pingin masuk sini. Lagi pula katanya hebat tuh kayak misalnya Kak Fajar yang ke Belgia, Terus Kak Dimas yang masuk Aksel.”
Gua : “Gak sebagus kayak yang kamu bayangin.”
Gua juga bercanda ma adek kelas yang lainnya. Sekali lagi gua ingatkan, Ikan bakal gua pake dalam postingan ini untuk gantikan namanya. Jadi gua gak nyebut Ikan di pembicaraan sebenarnya.

Sejak saat itu gua mulai penasaran. Kebetulan Si Ape’ nelpon adek kelas yang kelas 1, gua sekalian minta nomernya sambil gua ganggu dikit.
Gua : “Wew, sampe nelpon dipojokan. Nelpon siapa tuuh….??”
Ape’ : “Mau tau aja.”
Gua : “Heh, siapa sih? Seberang kah?”
Ape’ : “Iya, kenapa emangnya?”
Gua : “Minta nomernya Ikan nah. Jangan bilang dari ane ya.”
Ape’ : “Oke deh..” lalu dia lanjutin pembicaraan mesranya sambil nanyain nomer telpon si Ikan. 

Sejak saat itu gua mulai dekat ma si Ikan. Kami sering SMS, kalo si Ape’ keseberang gua bakal ikut. Kadang gua ngajakin dia dan jadi langganan temen gua kalo keseberang,
Gua : “Pe’, keseberang kah hari ini?”
Ape’ : “Ayo! Sore ini ya jam 4.”
Gua : “Wokeh!”

Sejak saat inilah rasa mulai tumbuh. Berhari-hari gua curhat di ma Halim sahabat gua. Di sini lahir kode Ikan.

Hubungan kami cukup hangat sampe akhirnya dia baca blog gua yang ini, Disitu kode ikan lahir. Dia terus nanya, tapi selalu gua jawab nanti “Kapan-kapan kakak kasih tau.” Dia penasaran banget dan terus nanya pada akhirnya gua kasih tau lewat SMS.
Gua : “Jadi kamu mau tau?? Kalo mau tau diem ya jangan kasih tau siapa-siapa, namanya…. Ah, nanti aja deh kakak kasih tau.”
Ikan : “Ko’ gitu sih? Gak bakal ku kasih tau siapa-siapa.”
Gua : “Tapi kakak gak enak mo ngasih tau.”
Ikan : “Ini pulsa terakhirku. Kalo mau ngasih langsung aja.”
Gua : “Okeh! Kakak kasih tau. Namanya [nama si Ikan]” setelah pencet send, hape langsung gua lempar dan gua menjadi orang gila di atas ranjang gua. Gua bentur-benturkan kepala ke dinding, menggeliat dan meronta kayak cacing kepanasan. Ternyata dia masih bales SMS itu.
Ikan : “Sebenarnya aku boong. Pulsaku masih ada ko’.” Gua geregetan. Pengen rasanya gua emek-emek tu anak. Lalu mencet lagi tomblo hape gua yang mungil dan tipis.
Gua : “Aaah…, Dasar anak kecil! Jadi?”
Ikan : “Jadi apa?”
Gua : “Gak papa.” Gua bingung mau bilang apa lagi.
Ikan : “To the point deh, Kak. Sebenarnya kakak suka gak sih ma aku?”
Gua : “Suka sayaang…. Suka banget… Sejak kamu belum masuk sini….” Lagi-lagi hape gua lempar dan gua teriak lagi kayak orang gila.
Ikan : “Sebenarnya aku juga suka ma kakak. Sampe gak tau lagi mau bilang apa.” Kali ini gila gua berenti dan gua berubah jadi kayak orang yang kena stroke. Gua cuma diem seribu kata. Gua rebahkan diri gua ke ranjang. Lagi-lagi ada SMS dari dia.
Ikan : “Udah dulu ya… Hapeku mau dikumpul.”
Gua : “Hoo… ya udah kalo gitu…”Setelah pencet send hape gua lempar lagi. Tapi kali ini tanpa tenaga sama sekali.
Tapi jika seandainya gua berhasil manggil Doraemon dan ngasih tau biar gak masuk SMA 3 mungkin gua gak bakal bisa dapet tuh anak.

Tapi tentu aja segala sesuatu tidak berjalan secara mulus. Masih ada lanjutannya lho…. Tapi gua capek ngetik jadi secara sengaja gua potong (Ketahuan malesnya). 

Untuk IKAN ku kalo baca ini, kamu wajib baca posting berikutnya. Kakak bakal ceritakan semuanya dan gak bakal ngada-ngada…

2 komentar:

  1. wehehehe.. gw tau si ikan itu siapa.. ternyata kau suka cewe juga yah..

    BalasHapus
  2. Huehehehe akhirnya adekku yang nggak waras ini (dan gue protes kata 'ganteng' tadi) ehem2 ma ikan... jujur... sayangku ikan... :P

    BalasHapus

Silahkan komen apa aja, seperti apa aja. Tentu orang baik suka berkomentar ^.^ Kalo saya gak berkenan maaf kalo saya hapus :)