Jumat, 12 Juni 2009

Jadi Pewawancara Ngasih Banyak Pelajaran

Hari minggu, gua kembali jadi panitia Tes AFS 2010-2011 Tahap II. Tes satu ini gua bilang seru karena gua bisa banyak belajar dari jadi panitia. Di tes ini peserta diwawancarai untuk mengetahui kemampuannya dalam bahasa inggris dan kepribadiannya melalui pertanyaan yang kami berikan. Yah, kayak kebanyakan tes wawancara, pertanyaannya cukup simple dan mudah ditebak.Tapi adek kelas gua nanyain gua terus tentang wawancara itu,

Via :
"Kak, wawancara nanti kayak mana sih??"
Gua : "Ya sama aja kayak kebanyakan tes wawancara laen, nyante aja... Siapin diri ma mental aja, istirahat yg cukup.... Pokoknya gak usah dipikirin tes nanti..."

Dia terus nanyain pertanyaan yg sama dan kadang down terus karena takut. Sebagai kakak kelas yang baek (Subhanallah..), gua terus nyemangatin dan ngeyakinin klo tesnya gak susah kayak yg dibayangin biar dia gak grogi jawab pertanyaannya.

Waktu daftar ulang sehari sebelum tes, ada pertanyaan yang sejenis dengan pertanyaan yang dikeluarkan ma adek kelas gua,

Gua : "Ini dibaca dulu... Nah, ada pertanyaan?" *sambil nyerahin kwitansi*
Karina : "Besok, pertanyaannya tentang apa?"
Gua : "Kayak biasa, bahasa inggris, pengetahuan umum, ma pertanyaan ringan lain... Gak susah ko'. Pokoknya siapin mental aja."
Karina : "Besok wawancaranya ngeri gak?"
Gua ma sensei ngakak gak nahan.
Sensei : "Gak ada yang makan orang."
Gua : "Pokoknya gak usah dipikirin, besok tuh gampang aja, yang penting istirahat yang cukup, jaga kesehatan, ma tenangkan pikiran."

Sebenarnya tugas gua pas tes wawancara cuma jadi fotografer doang untuk dokumentasi, biar bisa lebih cepat nangani 160 orang, gua ditunjuk jadi pewawancaranya. 1 orang ditangani 2 pewawancara, gua dipasangkan dengan Kak Farhan untuk tes bahasa inggris. Untuk tes bahasa inggris lebih gampang penilaiannya karena tinggal liat gimana dia bisa jawab, ngomong, ma dengerin pertanyaan dari kami. Pintarnya dan culasnya Abang, ketua panitia, dia milihkan peserta selaen adek kelas gua. Padahal gua juga pengen tau gimana kehebatan adek didikan gua (Gaya!!).


Setelah tes bahasa inggris selesai, adek kelas gua ngelaporin gimana wawancaranya, gua juga kasih sedikit saran dan peringatan,

Gua :
"Klo kmu misalnya dapet k' Ali, kk cma bsa bilang selamat doang."
Via : "Emang kenapa ma k' Ali?"
Gua : "Ada aja.... Pokoknya asik deh...."

Kak Ali terkenal ngasih pertanyaan yang mematikan kalo ngetes kepribadian. Bukan cuma itu, Banyak yang stress ma nangis kalo diwawancarain ma Kak Ali. Makanya Kak Ali merupakan High Recomended untuk ngewawancarain peserta.

Dan ternyata, peringatan gua terwujud di tes kepribadian berikutnya! Gua yang dengerin teman gua ngasih pertanyaan ke peserta, iseng-iseng ngeliatin sekitar. Gua liat si Via diwawancarain ma Kak Ali disebelah gua. Gua cuma bisa ketawa kecil karena apa yang gua bilang beneran kewujud. Gua kembali mewawancarain peserta, kebanyakan dari peserta yang gua wawancarain jawabannya simpel, umum, ma gak sesuai harapan. Gua asli jadi gak semangat betul ngewawancarain.

Setelah dia keluar, dia ngasih laporan lagi,
Via : "Parah... Via bjur2 dikerjai hbis-hbisan lg... Stress... leh..."
Gua : "Itu yang namanya K' Ali... Gimana?? Asik kan??"
Via : "Asyik dari mana... hbs pertanyaannya susah2..."
Gua ngakak kecil baca SMS dari dia, tapi gua tetep nyayangkan, kenapa gak sekalian aja dibikin nangis ma Kak Ali. Pasti seru!! :O

Gua belajar banyak tentang kepribadian orang dari jadi pewawancara di tes tahap ini. Sayangnya tes tahap berikutnya gua gak bisa jadi panitia lagi karena gua sudah harus pergi ke Surabaya :(

Sekilas info :

Oh ya, Dengan ini gua deklarasikan nama asli gua yang gua sembunyikan selama ini. Hal-hal yang bersangkutan mengenai perpindahan kekuasaan dan lain-lain, akan dilakukan secara seksama. (Lho?? Ko' jadi proklamansi?? :p)

Dari berbagai pertimbangan, gua proklamirkan nama gua, Dimas "Renaldy" Pramawitra sebagai nama yang gua pakai. *Tok tok AUUGH!! Suara pukulan palu ngenai tangan gua*

3 komentar:

  1. Guuuuuaaaya..........

    tukeran link ya mas, banner nya udah sy tempel di blog sy.

    makasih

    BalasHapus
  2. akhirnya ketahuan juga :p oh... oh... *geleng2* :D

    BalasHapus

Silahkan komen apa aja, seperti apa aja. Tentu orang baik suka berkomentar ^.^ Kalo saya gak berkenan maaf kalo saya hapus :)