Sabtu, 13 Desember 2008

Kurban 2 Sapi yang Kontras

Hehehe...... akhirnya gua sempatin nulis posting ditengah padatnya jadwal, apa lagi sekarang event yang ditunggu-tunggu orang Tenggarong bakal datang. Erau!!!! Acara adat khas Kutai. Expo, tarian, ramenya kota, tapi yang paling gua tungguin adalah Belimbur!!! Prosesi terakhir dari erau, setiap warga bakal nyiapin ember, gayung, atau peralatan lain penampung air untuk menyiram siapa aja. Basah jalanan biar gak hujan.

Yo, back to the point, kurban tahun ini sekolah gua yang tercinta, SMA 3 Unggulan Tenggarong (Dengan pedenya gua tebelin :p) Akhirnya bisa mengurbankan 2 sapi. Tapi di dua tempat berbeda dan waktu yang berbeda. Yang satu hari selasa di Tenggarong seberang, tepatnya tempat adek kelas gua yang kelas 1, lalu di SMA 2 tempat kami sekarang pada hari rabu. Karena hari pelaksanaan berbeda, waktu kembali dari liburan juga berbeda.
Via : "Kakak kapan balik ke asrama?"
Gua : "Ya sekitar selasa sore."
Via : "Enak ya... Via hari senin baliknya. Kakak datang kan nanti kurban di sini?"
Gua : "Insya allah"
Yap sesuai janji gua dateng bareng ma Aladin.

Sampe disana ternyata sapinya gede dari sapi yang pernah disembeleh di sini. Sapi jawa yang gemuk, berisi, ma sehat.
Gua : "Sapinya gede ya. Berapa harganya?"
Akbar : "Maaf kak, gak dijual."
Gua merasa dongo'. Ternyata harga sapinya sekitar 9 juta dari Pak Narto, tapi dia potong jadi 8 juta karena dibeli di sini.

Saat paling menegangkan tiba, sapi dicoba untuk dijatohlkan oleh para TNI teman Pak Woto, tapi agak susah karena sapinya kuat. Setelah pergulatan yang sengit akhirnya sapi berhasil dikalahkan. Pak Lalu udah nyiapin golok untuk gorok si sapi, gua cepet-cepet kabur karena ngeri liatnya.
Adeknya : "Kak Aldy takut ya...."
Gua : "Ngeri aja. Dulu pernah ngerekam sampe gak bisa gerak saking ngerinya."
Setelah sapi udah disembelih, mereka mulai motongin sapinya. Gua ma Aladin cuma liatin doang.

Esokan harinya, giliran tempat kami yang ngadain. Sapinya lebih kecil dan itam. Yah, namanya juga cuma dapet dikit, harganya 2 juta lebih murah dari yang di seberang. Gua geleng kepala doang liatin sapi yang ternyata cukup memprihatinkan.

Prosesi penyembelehan dimulai, gua udah malingkan pandangan, gua kasihkan kamera ke Eko,
Gua : "Rekam ko, ane gak kuat liatnya, sampe mati rekamnya."
Gak lama dia balik,
Gua : "Rekam ko!"
Eko : "Udah."
Gua : "Sampe mati."
Eko : "Udah dari tadi."
Sapi yang kali ini lebih kalem bahkan gak bersuara pas disembelih.

Malamnya, yang paling gua tunggu-tunggu, akhirnya sebagian daging di sate dan bakal kami santap. Gua juga dapet tantangan dari Via,
Via : "Di sini dagingnya disate lho. Via dapet 8 tusuk karena banyak temen Via yang gak suka daging."
Gua : "Kalo di sini nanti. Kakak aja udah kelaparan nungguin."
Via : "Kalo gitu nanti kalahin Via ya."

Selama bakar, kami nyanyi sambil sedikit bercanda. Gua juga keliling-keliling cari sesuatu sambil maen-maen. Gua datengin Yuni yang lagi belah semangka, gua ambil juga semangka yang dia potong.
Yuki : "Kak Aldy, jangan diambil semangkanya."
Gua : "Gak papa, Yuni aja gak marah ko'. Ya kan Yun."
Gua ambil lagi sampe gua puas, tapi gak lama semangka diamankan karena diambilin. Gua pindah sasaran ke sate.
Adeknya : "Kak, bantuin na..."
Gua : "Oya, tenang aja." Gua ambil sate yang udah mateng.
Adeknya : "Ko' diambil sih?"
Gua : "Katanya minta bantuin?"
Adeknya : "Bantuin masak, bukan bantuin ngabisin, nanti banyak yang gak kebagian."
Tapi biar gitu kadang gua iseng ngambil satenya sampe dimarahin beberapa kali.

Setelah sudah siap, kami makan. Masing-masing dapet jatah 4 tusuk, gua juga dapet sumbangan 3 tusuk dari beberapa orang. Setelah makan gua dapet SMS,
Via : "Udah habis berapa tusuk?"
Gua : "Alhamdulillah udah 11 tusuk, udah ngalahin rekormu."
Via : "Kalo dihitung lagi, Via udah makan 8 tusuk sama di tempat sodara Via 4 tusuk jadi 12 tusuk. Via masih menang dong, Hehehe....."
Gua : "Hehehehe....., nantangin nih? kalo gitu hitung juga, kakak udah berhasil nyolong 5, Dapet jatah 4, dapet sumbangan 2, habis SMS Via dapet lagi 2, jadi udah 13 tusuk."
Via : "Via kan cewek jadi wajar aja makannya gak banyak. Tapi kan Bedanya cuma 1 tusuk."
Gua : "Iya deh, ngomong aja ngelak, hehehe....."

3 komentar:

  1. haha.. bujur tu memang rame Erau.. ndik sabar ku nunggu2 belimburnya.. hehe.. bokep live..

    BalasHapus
  2. waaaaaaaaa

    begitu balik erau udah bakal berakhir nih.... T_T

    eh erau bisa ditunda ga? hehehe....

    BalasHapus
  3. Wahhhh aku ndik bisa ikut ERAU.....
    AKu dah rindu ndak belimbur .....



    Makkkkkkkkkk AKU INGIN PULANG

    BalasHapus

Silahkan komen apa aja, seperti apa aja. Tentu orang baik suka berkomentar ^.^ Kalo saya gak berkenan maaf kalo saya hapus :)